Perkuliahan

PEMBELAJARAN ONLINE MENGASIKKAN
Di FAKAR
IIK STRADA INDONESIA

Ditahun 2020 terjadi sebuah pandemic dimana mengharuskan semua orang untuk stay at home, hal ini mempengaruhi proses pembelajaran baik dari tingkat sd hingga perguruan tinggi. Dengan adanya pandemic ini menteri pendidikan Indonesia Nadiem Makarim mengaku tengah mengkaji kemungkinan penerapan kurikulum darurat akibat kondisi yang mengharuskan belajar di rumah selama pandemi Covid-19.
“Itu sedang kami kaji. Tapi mengubah kurikulum itu tidak mudah. Sedangkan Covid-19 ini cepat. Jadi kita harus lakukan yang bisa dirasakan secepat mungkin,” ujarnya melalui konferensi video, Rabu (15/4).

mengikuti anjuran dari pemerintah FAKAR IIK STRADA INDONESIA telah menerapkan pembelajaran online sejak diumumkannya pandemic pada awal bulan maret lalu. Berbagai macam aplikasi digunakan untuk membantu E- Learning seperti Loom, Zoom, Edlink, Youtube, Google Classroom, dan Whatsapp. Pada awal penggunaan E -Learning ini mahasiswa masih mengalami sedikit kendala salah satunya adalah signal yang tidak memadai khususnya bagi mahasiswa yang pulang ke kampung halaman tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa IIK STRADA untuk terus mengikuti pembelajaran.

Selain E-Learning FAKAR juga meggunakan metode lain dalam mendukung proses pembelajaran selama masa pandemic seperti prodi kesehatan masyarakat yang menugaskan mahasiswa untuk membuat poster berupa himbauan kepada masyarakat agar selalu mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker saat keluar rumah, metode ini merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat mengenai covid-19. Selain prodi kesehatan masyarakat prodi farmasi juga turut ambil bagian dalam membantu masyarakat menghadapi covid 19 dengan mengajak mahasiswa prodi farmasi untuk membuat handsanitizer yang kemudian dibagikan kepada rumah sakit dan juga masyarakat sekitar.

Menurut Muhammad Rizqi Fahriza yang akrab dipanggil fahriza dan juga merupakan salah satu mahasiswa kesehatan masyarakat semester 4 mengatakan bahwa dengan adanya pembelajaran E- Learning ini ia lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selain itu E- Learning juga membantu mengeksplor kemampuan dalam hal digital seperti membuat video tutorial dan membuat konten untuk tugas , selain itu E-learning juga menambah wawasan karena harus mengeksplor berbagai macam materi untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

Leave a comment