Kegiatan Pekan Persiapan Kerja FAKAR-2

IIK Strada Indonesia mempunyai Visi yang terwujud dalam 4G (Good Competence, Good English, Good Placement of Preparation, dan Good Mentality and Personality). Visi ini merupakan program unggulan yang diharapkan mampu membantu mahasiswa dan mahasiswi mengembangkan potensi dan juga kemampuan mereka selama masa perkuliahan maupun setelah kelulusan.

Setelah lulus dan memegang gelar sarjana saatnya mahasiswa dan mahasiswi memasuki dunia kerja yang merupakan tantangan baru bagi lulusan perguruan tinggi dan menjadi momok yang menakutkan bagi fresh graduate. Harapan pada saat aplikasi lamaran, job interview, dan hal-hal yang masih bersifat “tidak pasti” menjadi perhatian khusus saat akan menapakkan kaki ke dunia kerja. Tentu hal tersebut juga berlaku bagi calon lulusan dari Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia.

Skill dan kompetensi setelah lulus tentu menjadi faktor utama dalam bargaining diri dalam  dunia kerja. Calon lulusan IIK Strada Indonesia khususnya Fakultas Fakar harus memiliki skill dan kompetensi yang mampu bersaing dengan lulusan lain. Akan tetapi perlu hal lain selain skill dan kompetensi ketika menghadapi dunia kerja. Beberapa hal tersebut adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, mengenali diri sendiri, mental petarung, pantang menyerah, dan softskill lainnya.

Good Place Of Preparation merupakan salah satu program unggulan dimana program ini membantu lulusan dari IIK STRADA INDONESIA untuk penempatan kerja setelah kelulusan dengan harapan Lulusan IIK Strada Indonesia mampu mendapatkan pekerjaan yang prestige dan sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh.

Guna mencapai visi tersebut, Fakultas FAKAR (Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Administrasi RS, Radiologi) menyelenggarakan Pekan Persiapan Kerja Fakar dengan menghadirkan narasumber, fasilitator, dan alumni untuk dapat memberikan informasi, berbagi pengalaman (success story), dan role model kepada calon lulusan Fakultas FAKAR yang diadakan secara Daring pada tanggal 1 September 2020, pukul 09.00 WIB – 14.00 WIB Via Zoom.

Acara ini di buka oleh Bapak Rektor IIK STRADA Indonesia Prof, Dr. H. Sandu Siyoto, S.Sos., S.KM., M.Kes dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk banyak mengikuti kegiatan Webinar, Kursus, Pelatihan yang banyak dilaksakanan karena sertifikat yang didapatkan dapat meningkatan kepercayaan diri serta Motivasi pada saat mengikuti seleksi kerja atau wawancara kerja.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan Pembicara Pertama Bapak Kurniawan Edi Priyanto, S. Kep Ns., M. Kes (Dosen IIK STRADA INDONESIA, JICWELS Japan & ALISON Ireland Caregiver Courses Certificate)  dengan tema “The Fundamentals of Caregiving and Health Safety for Caregiving” (Dasar-dasar Pengasuhan dan Keselamatan Kesehatan untuk Pengasuhan) yang menerangkan caregiver terhadap teman-teman yang memiliki minat kerja di luar negeri, menjelaskan berbedaan dan tahapan yang di lalui. Harus lulus kompetensi caregiver luar negeri agar bisa langsung merawat pasien secara langsung. Bila belmu memiliki biasanya hanya jadi asisten perawat. Teman-teman harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan sertifikasi kompetensi caregiver.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pemateri Pembicara kedua : Ibu Nurul Hidayati Putri Rohmaniyah S.Kep (Staf RSPW Tresna Werdha Blitar ) dengan tema : Caregiver Competence and Its Application in Elderly Home Services (Kompetensi Caregiver dan Aplikasinya di Layanan Panti Lansia ) menjelaskan profesi pekerjaan caregiver dalam negeri khususnya di dinas sosial dan pantai asuhan. Metode tupoksi pekerjaan serta profesional  dalam menjalankan tugasnya.

Selanjutnya dilanjutkan Pembicara ketiga dan terakhir oleh Bapak Imam Rofi’i,Amd.Kep, S.Pd (Trainer, Assesor di Insan Medika, Jakarta) Dengan tema :”Preparation and tips for passing the Caregiver Certification Test” (Persiapan dan kiat-kiat Lulus Uji Sertifikasi Caregiver) tentang caregiver yang menjelaskan tentang uji sertifikasi , sertifikasi yang di akui pemerintah dan usia lanjut yang harus di perhatikan oleh keluarga serta dukungan dari lingkungan yang baik.

Setelah webinar selesai para peserta webinar diberikan link untuk evaluasi seminar untuk kedepannya. “memberi gambaran terhadap dunia kerja dan pentingnya uji kompentsi yang harus di penuhi serta upaya teman-teman untuk giat belajar dari pengalaman dari kampus mapun seminar nasional kesehatan ” ungkap salah satu peserta dalam form evaluasi.

Harapannya  dari seminar Pekan Persiapan Kerja Fakar memberikan calon lulusan mendapatkan gambaran dan upgrade softskill sehingga siap dalam menghadapi dunia kerja di era 4.0 sekaligus bersamaan dengan pandemi Covid-19 ini. Selain itu alumni Fakultas FAKAR IIK Strada Indonesia juga mampu untuk selalu mandiri dan exists di bidangnya dan inspiratif bagi orang diri sendiri dan lingkungnya.

Leave a comment