Kegiatan Pekan Persiapan Kerja FAKAR

IIK Strada Indonesia mempunyai visi yang terwujud dalam 4G (Good Competence, Good English, Good Placement of Preparation, dan Good Mentality and Personality). Visi ini merupakan program unggulan yang diharapkan mampu membantu siswa dan siswi mengembangkan potensi dan juga kemampuan mereka selama masa perkuliahan maupun setelah kelulusan.

Setelah lulus dan memegang gelar sarjana saatnya mahasiswa dan mahasiswi memasuki dunia kerja yang merupakan tantangan baru bagi lulusan perguruan tinggi dan menjadi momok yang menakutkan bagi fresh graduate. Harapan pada saat aplikasi lamaran, job interview, dan hal-hal yang masih bersifat “tidak pasti” menjadi perhatian khusus saat akan menapakkan kaki ke dunia kerja. Tentu hal tersebut juga berlaku bagi calon lulusan dari Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia.

Skill dan kompetensi lulusan tentu menjadi faktor utama dalam bargaining diri di dunia kerja. Calon lulusan IIK Strada Indonesia harus memiliki skill dan kompetensi yang mampu bersaing dengan lulusan lain. Akan tetapi perlu hal lain selain skill dan kompetensi ketika menghadapi dunia kerja. Beberapa hal tersebut adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, mengenali diri sendiri, mental petarung, pantang menyerah, dan softskill lainnya.

Good place of preparation merupakan salah satu program unggulan dimana program ini membantu lulusan dari IIK STRADA INDONESIA untuk penempatan kerja setelah kelulusan dengan harapan Lulusan IIK Strada Indonesia mampu mendapatkan pekerjaan yang prestige dan sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh.

Guna mencapai visi tersebut, Fakultas Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Administrasi RS, Radiologi (FAKAR) menyelenggarakan Pekan Persiapan Kerja Fakar dengan menghadirkan narasumber, fasilitator, dan alumni untuk dapat memberikan informasi, berbagi pengalaman (success story), dan role model kepada calon lulusan Fakultas FAKAR yang diadakan pada tanggal 31 Agustus 2020, pukul 09.00 WIB – 14.00 WIB via zoom. Acara ini dimulai dengan sambutan K.Prodi Kesmas M. Ali Sodiq., M.A dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh sekretris Fakultas FAKAR Ardi Bastian., S.KM.,M.Kes dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk banyak mengikuti kegiatan webinar,kursus,pelatihan yang banyak dilaksakanan karena sertifikat yang didapatkan dapat meningkatan kepercayaan diri pada saat mengikuti seleksi. “Saat ini banyak lulusan yang dibutuhkan yang harus memiliki kemampuan koding, computer, analisis data dan mengoprasikan AI. Sehingga dengan sisa waktu ini silahkan teman teman mengembangkan hal tersebut.” Ujar beliau.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pemberian materi. materi pertama disampaikan oleh Ratri Setyamulyasari, Amd. Keb., S.KM Dengan judul “teknik pembuatan CV berkualitas dan skill job interview”, materi ini sangat penting bagi para fresh graduate karena CV yang berkualitas dan menarik akan meningkatkan peluang untuk diterima di suatu pekerjaan. Setelah materi mahasiswa dan mahasiswi diberikan tugas untuk membuat CV semenarik mungkin sebagai bentuk latihan dari seminar yang telah dilakukan. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemateri dari radio andhika yang bernama Rofiq Huda, beliau memberikan materi yang berjudul “personal branding” dimana personal branding ini lebih focus kepada bagaimana cara memperkenalkan diri tehadap public. selain  materi dari ibu ratri dan juga pak rofiq masih ada beberapa narasumber yang mengisi seminar Pekan Persiapan Kerja Fakar yaitu alumni IIK STRADA yang bekerja di bagian K3 Edi Sucipto dan yang terakhir adalah materi mengenai strategi lolos beasiswa LPDP yang disampaikan oleh Riza Yuliawati, S.KM., MIPH.

Setelah webinar selesai para peserta webinar diberikan link untuk evaluasi seminar kedepannya. “dengan adanya webinar wawasan teman teman fresh graduate semakin bertambah dan bisa menjadi bekal untuk masuk kedunia kerja yang memerlukan kemampuan softskill dan hardskill” ungkap salah satu peserta dalam form evaluasi.

Harapannya  dari seminar Pekan Persiapan Kerja Fakar adalah, calon lulusan mendapatkan gambaran dan upgrade softskill sehingga siap dalam menghadapi dunia kerja di era 4.0 sekaligus era pandemi Covid-19 ini. Selain itu alumni FAKAR IIK Strada Indonesia juga mampu untuk selalu mandiri dan exists di bidangnya dan inspiratif bagi orang lain.

Leave a comment