STUNTING

hallo semua,  FAKAR akan membagi informasi mengenai stunting.
➤Apa itu stunting?
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kegagalan seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal disebabkan dampak dari kekurangan gizi secara kumulatif dan terus menerus.
➤ Apa saja penyebab stunting?
Penyebab stunting dimulai saat anak di dalam kandungan karena pola makan ibu yang buruk, tetapi gejalanya biasanya muncul setelah anak berusia sekitar dua tahun, yang ditandai dengan anak tersebut tidak tumbuh secepat yang seharusnya. bu hamil yang kurang mengonsumsi makanan bergizi seperti asam folat, protein, kalsium, zat besi, dan omega-3 cenderung melahirkan anak dengan kondisi kurang gizi. Kemudian saat lahir, anak tidak mendapat ASI eksklusif dalam jumlah yang cukup dan MPASI dengan gizi yang seimbang ketika berusia 6 bulan ke atas. Pemberian makanan pendamping yang tidak cukup dan kekurangan nutrisi penting di samping asupan kalori murni adalah salah satu penyebab pertumbuhan pada anak terhambat.
➤Bagaimana cara mencegah stunting?
untuk mencegah terjadinya stunting deteksi dini sangat penting untuk dilakukan, selain itu orang tua juga berperan penting dalam menjaga nutrisi yang akan masuk kedalam tubuh anak. seperti memberikan asi ekslusif diumur 0-6 bulan, memberikan makanan yang kaya akan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Anak-anak perlu diberi makanan yang memenuhi persyaratan minimum dalam hal frekuensi dan keragaman makanan untuk mencegah kekurangan gizi. karena ini lah pentingnya ibu hamil untuk selalu memperhatikan makanan dan juga minuman yang akan dikonsumsi dan setelah melahirkan unutk memberikan ASI selama 2 tahun dan juga memberikan makanan pendamping yang kaya akan nutrisi selain itu memeriksakan tumbuh kembang anak di posyandu dan puskesmas juga tidak kalah penting sebagai bentuk deteksi dini stunting.